Aller au contenu principal
Indonesia - ID

TANYA-JAWAB

1. Apa yang dimaksud dengan Program Kepemilikan Saham Karyawan?
Program Kepemilikan Saham Karyawan adalah peningktan modal yang disediakan khusus untuk karyawan suatu organisasi atau perusahaan. Program ini menawarkan kesempatan kepada karyawan yang memenuhi syarat untuk memperoleh saham dari perusahaan tempatnya bekerja dengan persyaratan yang menguntungkan.

2. Apakah penawaran ini akan ditawarkan setiap tahun?
Ini adalah program kedua dalam dua tahun belakangan. Hal ini menunjukkan harapan Grup untuk dapat secara regular menawarkan program lain pada tahun-tahun mendatang tanpa memastikan periodenya.
3. Siapa yang dapat melakukan pembelian?
Karyawan yang memiliki kontrak kerja dengan suatu perusahaan yang memenuhi syarat, memiliki sedikitnya 24* bulan masa kerja yang diakui pada tanggal penutupan pembelian, yaitu 22 Juni 2022 dan karyawan tersebut masih bekerja pada tanggal tersebut.

* Perlu diingat: Beberapa negara memiliki batasan terhadap persyaratan kelayakan, silakan lihat Suplemen Lokal.
4. Kapan waktu pembeliannya?
Pembelian hanya akan dibuka pada 8 hingga 22 Juni 2022 (23:59 CET- Central European Time).

5. Bagaimana cara melakukan pembelian?
Pembelian dapat dilakukan secara online melalui alat pembelian yang khusus dirancang untuk operasi ini, dengan menggunakan pengidentifikasi pribadi (“login” dan “kata sandi”) yang akan diberitahukan melalui email atau pos (jika karyawan tidak memiliki email). Meski begitu, bagi yang tidak memiliki koneksi internet, baik profesional maupun pribadi, karyawan juga dimungkinkan untuk mengisi formulir pembelian sesuai permintaan dari koresponden SDM di entitas karyawan. Agar valid, formulir ini harus diisi dengan lengkap, ditandatangani, dan dikirim ke koresponden SDM lokal sebelum penutupan periode pembelian, yaitu 22 Juni 2022 23:59 CET, tertera juga cap pos sebagai bukti.

6. Apa yang harus dilakukan jika saya lupa kode?
Koresponden SDM lokal akan dapat membuat kata sandi baru untuk karyawan tersebut dalam alat pembelian. Karyawan juga dapat mengirim email ke [email protected] selama periode berlangganan jika mereka membutuhkan bantuan untuk terhubung atau berlangganan.

7. Apakah mungkin untuk mengubah/membatalkan pembelian?
Karyawan dapat mengubah pembeliannya secara online hingga hari terakhir periode pembelian, yaitu pada 22 Juni 2022. Pada akhir periode pembelian, tidak dimungkinkan lagi untuk melakukan perubahan dan pembelian tidak dapat dibatalkan. Karyawan harus membayar seluruh investasi mereka.

8. Apa yang akan terjadi apabila saya keluar dari perusahaan?
Jika seorang karyawan keluar dari perusahaan setelah akhir periode pembelian, ia memenuhi syarat dalam program ini. Unit miliknya di FCPE akan menjadi tersedia pada waktu pengunduran dirinya dan dapat ditukarkan.

9. Berapa investasi minimalnya?
Jumlah investasi minimal adalah satu saham L’Oréal.

10. Berapa jumlah pembelian maksimal untuk satu karyawan?
Investasi maksimal adalah  50 unit saham L’Oréal dalam batasan sebesar 25% dari remunerasi tahunan bruto 2022.
11. Apa yang dimaksud dengan “remunerasi tahunan bruto”?
Remunerasi tahunan bruto terdiri dari gaji tahunan, premi, bonus yang dibayarkan, atau WPS pada tahun 2022.

12. Apa yang akan terjadi apabila saya melebihi plafon sebesar 25% dari remunerasi tahunan bruto?
Setiap karyawan berkomitmen untuk mematuhi plafon ini dengan menandatangani (secara online atau tertulis) formulir pembeliannya. Jika karyawan tidak mematuhi batasan ini, permintaan pembeliannya akan dikurangi.

13. Kapan saya dapat melihat insentif saya?
Saham yang diinsentifkan akan dapat dilihat pada akhir periode pemblokiran, yaitu sekitar 26 Juli 2027 dengan persyaratan tertentu (silakan lihat suplemen lokal).

14. Apa saja yang termasuk dalam kasus pelepasan lebih awal?
Silakan lihat “suplemen lokal” Anda, semua kasus yang valid di negara Anda akan diinformasikan kepada Anda.

15. Bagaimana cara karyawan mengetahui saham yang dimiliki?
Saat pembelian secara online, karyawan akan menerima tanda terima yang mengonfirmasi jumlah saham yang diminta dan/atau jumlah yang dibeli. Pada bulan Juli 2022, setiap karyawan yang telah melakukan pembelian akan menerima pos yang menyebutkan jumlah unit dan/atau saham yang dialokasikan. Karyawan juga akan menerima rekening koran selama kuartal pertama di tahun 2023, yang merekapitulasi keseluruhan aset. Selain itu, melalui FCPE, pemegang saham karyawan akan memiliki akses ke situs internet Amundi, www.amundi-ee.com, yang memungkinkan mereka untuk melihat rekening miliknya dan mengelola aset yang tersedia.

16. Bagaimana pelepasan pemblokirannya?
Koresponden lokal yang akan memberikan otorisasi pelepasan sesuai dengan lokalnya, ia juga akan membuat berkas dengan elemen yang relevan serta melakukan komunikasi dengan Amundi ESR atau BNP jika pelepasan dilakukan.

17. Apakah dimungkinkan jika melakukan pelepasan pemblokiran hanya pada sebagian aset?
Ya. Dimungkinkan untuk meminta pelepasan semua atau sebagian saham yang dibeli atau diblokir. Namun demikian, alasan untuk pelepasan pemblokiran hanya dapat dilakukan satu kali: jika pelepasan lebih awal dilakukan, Anda hanya melepaskan sebagian aset, sisanya akan tetap diblokir hingga akhir periode, kecuali jika Anda terlibat dalam kasus pelepasan lebih awal lainnya.

18. Apa yang dimaksud dengan dividen?
Dividen adalah bagian dari keuntungan yang didistribusikan oleh perusahaan kepada pemegang sahamnya. Pembayaran ini tidak dilakukan secara otomatis setiap tahunnya: tergantung pada hasil yang didapatkan Grup dan keputusan dari Rapat Umum Pemegang Saham.

19. Apakah dividen diblokir?
Untuk saham yang dimiliki melalui FCPE, dividen yang diterima akan meningkatkan nilai unit dan akan diblokir.

20. Apakah yang dimaksud dengan nilai tambah/depresiasi?
Nilai tambah atau keuntungan modal adalah selisih antara harga jual saham yang dimiliki dengan investasi awal. Apabila perbedaan di antara keduanya adalah positif, karyawan pemegang saham mendapatkan nilai tambah. Sebaliknya, jika perbedaannya negatif, karyawan mendapatkan depresiasi.





.